05 October 2017

Firefox Quantum dari Mozila yang diklaim bebas Freeze dan lebih cepat

Pengguna browser firefox tentu sudah tidak asing dengan browsernya yang dianggap selalu bermasalah, mulai dari sering sering freeze/ngeheng ketika membuka salah satu tab atau penggunaan memory yang cukup tinggi sehingga mengganggu kinerja perangkat lunak lainnya. 
Tapi kini ada perkembangan terbaru dari Mozilla, yaitu dengan dikeluarkannya browser teranyar mereka yang bernama Firefox Quantum

download firefox quantum


Firefoz Quantum dianggap dapat memberi pengalaman browsing yang lebih menyenangkan karena memiliki sejumlah fitur yang lebih terupdate. Selain itu anda juga akan mendapatkan peningkatan pesat dari segi performa. Browser ini juga didesain khusus agar kompatibel dengan pengaturan multi-core yang kini banyak dipakai oleh perangkat komputer saat ini. 


"Firefox Quantum adalah sebuah lompatan besar ke depan sehingga Anda dapat merasakannya seketika, hanya dengan browsing situs favorit Anda," demikian keterangan resmi Mozilla seperti dilansir TheNextWeb.

Browser anyar Firefox ini menggunakan engine CSS baru yang ditulis dalam bahasa pemograman RUST. Engine CSS tersebut dapat berjalan pararel di beberapa core CPU. 

Pihak Mozilla bahkan berani mengklaim bahwa Firefox Quantum lebih menghemat RAM hingga 30 persen dibandingkan Chrome, browser andalam Google. Penyebabnya adalah browser ini hanya akan memprioritaskan tab yang terbuka saja atau yang sedang digunakan. 

Selain itu, Mozilla juga telah melakukan sejumlah upaya signifikan untuk menghilangkan freeze yang kerap muncul dari browser terdahulunya. Perusahaan yang berbasis di California ini mengatakan telah menghilangkan 469 bug yang berdampak pada kinerja. 

Hasil pengujian yang dilakukan benchmark Speedometer 2.0 menunjukkan, Firefox Quantum lebih cepat dua kali lipat dari pendahulunya.

Versi resmi dari browser anyar besutan Mozilla ini akan diluncurkan setelah mendapatkan feedback dari versi beta. Rencananya, Firefox Quantum versi resmi bakal dirilis pada 14 November mendatang.

Jika ingin mencoba Firefox Quantum versi beta, silakan download Firefox Quantum di situs resminya di sini: 





Komentar: 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post