Asgardia, impian tentang negara pertama di ruang angkasa yang bakal terwujud

{ advertiser here ]
Hidup di ruang angkasa kini tidak lagi menjadi cerita fiksi dalam film-film layar lebar karena impian tersebut akan terwujud melalui sebuah proyek raksasa yang bernama Asgardia, negara pertama di ruang angkasa. Hebatnya lagi, sudah ada lebih dari 280 ribu orang yang telah mendaftarkan diri untuk tinggal di "dunia" tersebut, termasuk di antaranya adalah orang-orang Indonesia. 

bangsa pertama di ruang angkasa asgardia



Proyek ini pertama kali diumumkan pada bulan Oktober 2016 oleh ilmuwan Rusia, Igor Ashurbeyli yang menyebut bahwa Asgardia adalah bangsa independen pertama yang bermukim di ruang angkasa. Ilmuwan yang berumur 53 tahun ini konon yang mendanai sendiri proyeknya tersebut. 

40 jam setelah diumumkan, lebih dari 100 ribu orang telah mendaftarkan diri untuk menjadi warganegara Asgardia di situs mereka. Siapapun bisa mendaftarkan dirinya untuk kewarganegaraan di Asgardia asalkan telah berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki alamat email. Tidak ada batasan kebangsaan, gender, ras, agama maupun kondisi keuangan mereka siapapun bisa mendaftar. 

Untuk saat ini saja sudah ada lebih dari 280 ribu pendaftar yang berasal dari 217 negara di dunia yang berusia rata-rata 18 s/d 35 tahun. Dari pendaftar tersebut, Indonesia menempati urutan ke tujuh dengan jumlah pendaftar paling banyak di bawah Cina, Amerika Serikat, Brasil dan Inggris. Sebagian besar orang-orang Indonesia yang mendaftar berasal dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Mataram dan Jayapura. 

asgardia

Tim Asgardia akan membangun anjungan di ruang angkasa pada orbit rendah sekitar 100 s/d 600 kilometer dari permukaan bumi. Orbit rendah tersebut juga ditempati oleh satelit ISS. Penerbangan penduduk pertama akan dilakukan dalam waktu delapan tahun, dan pada awal-awalnya mereka akan memprioritaskan "orang-orang profesional" terlebih dahulu termasuk pilot pesawat ruang angkasa dan pakar navigasi. 

asgardia

Menurut rencana, pengiriman satelit akan dilakukan pada tahun ini melalui wahana ruang angkasa milik NASA yang akan dibawa ke stasiun ruang angkasa, International Space Station, milik badan luar angkasa Amerika Serikat. Namun pihak NASA belum mengonfirmasikan kapan jadwal peluncuran tersebut akan dilaksanakan.

Situs web: asgardia.space
0 Komentar untuk "Asgardia, impian tentang negara pertama di ruang angkasa yang bakal terwujud"

Back To Top