25 July 2017

Ternyata T Rex Tidak Bisa Lari Cepat Loh ..

Jika menonton film Hollywood, T Rex atau Tyrannosaurus rex digambarkan sebagai dinosaurus buas yang mampu berlari cepat ketika mengejar manusia. Kecepatan larinya bahkan pernah dikira mencapai 73 km/jam, tapi penelitian terbaru mengungkapkan fakta yang justru berbeda. T Rex ternyata tidak dapat berlari cepat seperti dalam cerita film.

Ternyata T Rex Tidak Bisa Lari Cepat Loh ..




Juga misalnya ketika anda ditandingkan balap lari dengan T Rex maka anda akan dapat berlari lebih cepat darinya, karena menurut perhitungan para peneliti dari Jerman dan Inggris, kecepatan lari T Rex hanya bisa mencapai maksimal 27 kilometer per jam karena bobot tubuhnya yang berat.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology and Evolution ini menyimpulkan bahwa kecepatan lari maksimal Triceratops hanya sekitar 24 km/jam sedangkan Brachiosaurus kurang dari 12 km/jam.

Namun demikian, ada beberapa spesies dinosaurus yang perlu diwaspadai yaitu Velociraptor. Dinosaurus yang mirip T Rex namun berukuran lebih kecil ini mampu berlari dengan kecepatah hingga 54 km/jam, disusul oleh Allosaurus dengan kecepatan 40 km/jam.

Berlari cepat tentu tidak dapat dilakukan oleh T Rex karena bentuk fisiknya sehingga kecepatan maksimal dari dinosaurus yang cukup popular ini hanya 20 km/jam. Bahkan setiap upaya lari yang dilakukan oleh T Rex ini akan berisiko mematahkan tulang kakinya akibat beban yang berlebihan.