19 October 2016

Rumah Pulasara di Jalan Roda

Jika kebetulan melintas di sepanjang Jalan Roda, Bogor Tengah anda akan melewati sebuah bangunan dengan arsitektur bergaya Tiongkok. Yang menarik adalah tulisan tahun yang tertera di bangunan itu bertuliskan 1930, dan itu artinya bangunan ini sudah berumur 86 tahun. Lebih dari persyaratan yang dibutuhkan sebagai Bangunan Cagar Budaya, selain itu juga bangunan ini memiliki nilai historis di kawasan tersebut. 

sejarah rumah pulasara di jalan roda



Rumah PULASARA terletak di Jl Roda No.65, Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah. Mengutip situs kekunaan, bangunan yang didirikan pada tahun 1930 ini,  awalnya bernama Fonds Miskin, yaitu gedung yang digunakan untuk mengurus dan merawat serta melayani orang yang telah meninggal dan merupakan peninggalan komunitas Tionghoa di masa Pemerintahan Hindia-Belanda. 

Bangunan ini sempat digunakan sebagai klinik pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), namun akhirnya poliklinik tersebut dipindahkan ke tempat lain atas keinginan Pemerintah yang  berkuasa pada waktu itu. 

Setelah tahun 1968, Bangunan yang tadinya bernama Fonds Miskin berganti nama menjadi Pulasara, dan sampai sekarang tetap dikenal dengan nama Rumah Pulasara.

Selama 86 tahun berdiri, bangunan ini tidak terlalu banyak alami perubahan, baik penataan ruangan di dalamnya maupun bentuk fisik bangunannya. Satu-satunya perubahan adalah ketika pada tahun 1970 dilakukan pembangunan tempat penitipan jenazah yang berada tepat di depan bangunan Pulasara, sehingga bangunan ini mengalami sedikit renovasi. 

Sampai sekarang, Rumah Pulasara digunakan sebagai tempat untuk mengurus orang yang sudah meninggal. Kondisi bangunan ini pun dijaga dan dikelola dengan baik oleh Yayasan Kematian Pulasara.